Bisnis Franchise Makanan Paling Menguntungkan Saat Ini

Bisnis franchise makanan paling menguntungkan saat ini - Jenis – jenis bisnis waralaba ( Franchise ). Bisnis waralaba mulai berkembang pesat di Indonesia. Bisnis waralaba sendiri memiliki beberapa jenis berdasarkan kriterianya. Jenis – jenis waralaba tersebut adalah sebagai berikut :



Bisnis Franchise Makanan Paling Menguntungkan Saat Ini

1 . Bisnis waralaba menurut produk yang ditawarkan
• Waralaba produk
Waralaba yang menawarkan produk berupa barang. Contoh : McDonald’s dan chatime.
• Waralaba jasa
Waralaba yang menawarkan produk berupa layanan jasa seperti agen perjalanan dan sebagainya.
• Waralaba gabungan
Waralaba yang menawarkan gabungan antara produk barang dan jasa. seperti misalnya pelayanan spa yang juga menjual produk – produk kesehatannya.

2 . Waralaba menurut asalnya
• Waralaba dari luar negeri
Bisnis waralaba yang berasal dari luar negeri. Bisnis waralaba ini cenderung disukai masyarakat karena alasan brand sudah terkenal dan kualitasnya dijamin lebih baik. Namun harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan waralaba lokal. Contoh : McDonald’s dan KFC.
• Waralaba dalam negeri
Bisnis waralaba yang murni berasal dari dalam negeri dan merupakan hasil dari inovasi pebisnis tanah air. Banyak bisnis waralaba lokal yang mampu bersaing dan sukses di luar negeri. Contoh : Alfamart dan Campina.

3. Menurut IFA
Pengelompokan bisnis waralaba ( Franchise ) berdasarkan internasional Franchise association ( IFA ) terdapat empat jenis waralaba yang biasanya digunakan di Amerika serikat.
• Product Franchise 
Produsen memiliki kontrol penuh terhadap retail yang menawarkan atau mendistribusikan produknya. Produsen memperolehkan pemilik toko waralaba untuk menggunakan merk dan hak ciptanya. Namun pemilik toko diharuskan membayar sejumlah uang sesuai kesepakatan untuk membeli produk yang menjadi kualifikasi waralaba.
• Manufacturing Franchise
Memperoleh hak dari suatu perusahaan untuk menggunakan namanya dan hak ciptanya, kemudian memperoleh bahan untuk membuat suatu produk dari perusahaan tersebut. Kesimpulannya Franchisee memberikan hak untuk menjual produknya kepada masyarakat tanpa harus mengetahui resep rahasia perusahaan tersebut.
• Business opportunity ventures
Dalam waralaba jenis ini mewajibkan pemilik bisnis untuk membeli dan mendistribusikan produk- produk dari perusahaan tertentu. Perusahaan tersebut juga harus menyediakan pelanggan dan rekening bagi pemilik bisnis , sedangkan pemilik bisnis akan membayar sejumlah biaya sebagai kompensasi atau timbal balik.
• Business format franchising
Pihak franchisee mendistribusikan produk ranchisor dibawah hak cipta franchisor serta mengimplementasikan prosedur yang diberikan oleh franchisor dalam bisnis tersebut. Syarat dan ketentuan menjalankan bisnis tersebut tercantum dalam sebuah kontrak yang mengikat secara hukum , isi kontrak tersebut adalah sebagai berikut :
- Nama franchisor
- Produk dan jasa
- Prosedur
- Panduan dan standar operation procedure ( SOP )
- Sistem pemasaran
- Fasilitas pendukung
Waralaba jenis ini adalah yang paling populer dan sering direkomendasikan dalam penawaran bisnis waralaba sebab sangat profitable. Sedangkan bisnis franchise makanan, paling menguntungkan saat ini dan lagi booming.

Subscribe to receive free email updates: